Berkhitan (ada yang menyebutnya dengan ‘sunnat’,-pen) adalah  memotong kulit yang menutupi kepala/ujung kemaluan bagi laki-laki dan  memotong kulit bagian atas kemaluan bagi perempuan. (Lihat Shohih Fiqh Sunnah,  I/98).  Tujuannya adalah untuk menjaga agar di sana tidak terkumpul  kotoran, juga agar leluasa untuk kencing, dan supaya tidak mengurangi  kenikmatan dalam bersenggama. (Fiqh Sunnah, 1/37)      
Berkhitan adalah sunnah yang telah ada sejak lama sekali.
Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 اخْتَتَنَ إِبْرَاهِيمُ بَعْدَ ثَمَانِينَ سَنَةً وَاخْتَتَنَ بِالْقَدُومِ
“Ibrahim berkhitan setelah mencapai usia 80 tahun, dan beliau berkhitan dengan Al Qodum.” (HR. Bukhari, inilah lafadz yang terdapat dalam Shahih Bukhari yang berbeda dalam kitab Fiqh Sunnah, -pen). 
Syaikh Sayid Sabiq mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Al Qodum di sini adalah alat untuk memotong kayu (kampak) atau suatu nama daerah di Syam. (Lihat Fiqh Sunnah, 1/37)
Hukum khitan
Ada 3 pendapat dalam hal ini :
- Wajib bagi laki-laki dan perempuan
- Sunnah (dianjurkan) bagi laki-laki dan perempuan
- Wajib bagi laki-laki dan sunnah bagi perempuan (Lihat Shohih Fiqh Sunnah, I /98)
Wajibnya khitan bagi laki-laki
Dalil yang menunjukkan tentang wajibnya khitan bagi laki-laki adalah :
Pertama: Hal ini merupakan ajaran dari Nabi terdahulu yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan kita diperintahkan untuk mengikutinya. Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,“Ibrahim -Al Kholil- berkhitan setelah mencapai usia 80 tahun, dan beliau berkhitan dengan kampak.” (HR. Bukhari)
Allah Ta’ala berfirman,
ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ 
“Kemudian kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama  Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang  mempersekutukan Tuhan.” (An Nahl : 123)
Kedua: Nabi memerintah laki-laki yang baru masuk Islam dengan sabdanya,”
أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ
Hilangkanlah rambut kekafiran yang ada padamu dan berkhitanlah.” (HR. Abu Daud dan Baihaqi, dan dihasankan oleh Al Albani). Hal ini menunjukkan bahwa khitan adalah wajib.
Ketiga: Khitan merupakan pembeda antara kaum muslim  dan Nashrani. Sampai-sampai tatkala di medan pertempuran umat Islam  mengenal orang-orang muslim yang terbunuh dengan khitan. Kaum muslimin,  bangsa Arab sebelum Islam, dan kaum Yahudi dikhitan, sedangkan kaum  nashrani tidak demikian. Karena khitan sebagai pembeda, maka perkara ini  adalah wajib.
Keempat: Menghilangkan sesuatu dari tubuh tidaklah diperbolehkan. Dan baru diperbolehkan tatkala perkara itu adalah wajib. (Lihat Shohih Fiqh Sunnah, I /99 dan Asy Syarhul Mumthi’, I/110)
Khitan tetap disyari’atkan bagi perempuan
Adapun untuk perempuan, khitan tetap disyari’atkan. Dalilnya adalah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya,”Apabila bertemu dua khitan, maka wajib mandi.” (HR. Ibnu Majah, shahih).  Hadits ini menunjukkan bahwa perempuan juga dikhitan. Adapun  hadits-hadits yang mewajibkan khitan, di dalamnya tidaklah lepas dari  pembicaraan, ada yang dianggap dha’if (lemah) dan munkar. Namun  hadits-hadits tersebut dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah.
Jika hadits ini dha’if, maka khitan tetap wajib bagi perempuan  sebagaimana diwajibkan bagi laki-laki, karena pada asalnya hukum untuk  laki-laki juga berlaku untuk perempuan kecuali terdapat dalil yang  membedakannya dan dalam hal ini tidak terdapat dalil pembeda. Namun  terdapat pendapat lain yang mengatakan bahwa khitan bagi perempuan  adalah sunnah (dianjurkan) sebagai bentuk pemuliaan terhadap mereka.
Pendapat ini sebagaimana yang dipilih oleh Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah dalam kitabnya Asy Syarhul Mumthi’.  Beliau mengatakan,”Terdapat perbedaan hukum khitan antara laki-laki dan  perempuan. Khitan pada laki-laki terdapat suatu maslahat di dalamnya  karena hal ini akan berkaitan dengan syarat sah shalat yaitu thoharoh (bersuci).  Jika kulit pada kemaluan yang akan dikhitan tersebut dibiarkan, kencing  yang keluar dari lubang ujung kemaluan akan ada yang tersisa dan  berkumpul pada tempat tersebut. Hal ini dapat menyebabkan rasa  sakit/pedih tatkala bergerak dan jika dipencet/ditekan sedikit akan  menyebabkan kencing tersebut keluar sehingga pakaian dapat menjadi  najis.
Adapun untuk perempuan, tujuan khitan adalah untuk  mengurangi  syahwatnya. Dan ini adalah suatu bentuk kesempurnaan dan bukanlah dalam  rangka untuk menghilangkan gangguan.” (Lihat Shohih Fiqh Sunnah, I/99-100 dan Asy Syarhul Mumthi’, I/110)
Kesimpulan : Ada perbedaan pendapat tentang hukum khitan bagi perempuan. Minimal hukum khitan bagi perempuan adalah sunnah  (dianjurkan) dan yang paling baik adalah melakukannya dengan tujuan  sebagaimana perkataan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin di atas yaitu untuk  mengurangi syahwatnya.
Dianjurkan melakukan khitan pada hari ketujuh setelah kelahiran
Hal ini sebagaimana hadits dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengaqiqah Hasan dan Husain dan mengkhitan mereka berdua pada hari ketujuh (setelah kelahiran,-pen).” (HR. Ath Thabrani dalam Ash Shogir)
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan,”Ada tujuh sunnah bagi bayi pada hari ketujuh, yaitu : pemberian nama, khitan, …” (HR. Ath Thabrani dalam Al Ausath)
Kedua hadits ini memiliki kelemahan, namun saling menguatkan satu dan  lainnya. Jalur keduanya berbeda dan tidak ada perawi yang tertuduh  berdusta di dalamnya. (Lihat Tamamul Minnah, 1/68)
Adapun batas maksimal usia khitan  adalah sebelum baligh. Sebagaimana perkataan Ibnul Qoyyim : “Orang tua  tidak boleh membiarkan anaknya tanpa dikhitan hingga usia baligh.”  (Lihat Tamamul Minnah, 1/69)
Sangat baik sekali jika khitan dilakukan ketika anak masih kecil agar  luka bekas khitan cepat sembuh dan agar anak dapat berkembang dengan  sempurna. (Lihat Al Mulakkhos Al Fiqh, 37). Selain itu, khitan pada waktu kecil akan lebih menjaga aurat, dibanding jika dilakukan ketika sudah besar.
Demikian pembahasan kami mengenai sunnah-sunnah fitrah. Semoga bermanfaat. Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimmush sholihaat.
Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel www.rumaysho.com

 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar